Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Blogger Template From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger


Thursday, January 5

cerpen : Gitaris di hati Dhania



Hari ini aku bangun agak telat setelah tadi malam begadang di depan komputer mengerjakan tugas yang diberikan oleh Bu. Ratmi guru Bahasa Indonesia.
          “Mas, cepetan dong.. aku mau telat nich!” teriakku memanggil Mas Radith.
          “Iya.. Bawel!” ujarnya gregetan.
          Kami berdua selalu berangkat bersama, itupun karena kami berdua bersekolah di sekolah yang sama
          Umur kami memang nggak terpaut cukup jauh, hanya 2 tahun aja. Sampai-sampai aku pernah  disangka pacarnya Mas Radith waktu aku dateng ke Pesta Ultah temennya. Tepatnya sich mantan pacarnya Mas Radith yang namanya Sheila. Maklum rumahnya jauh, jadi dia belum pernah maen ke rumah.
          Mampus! 
Aku baru inget kalo lupa ngerjain tugas IPA gara-gara semaleman buat tugas BI. Aduh gimana nich?.Sampai sampai di sekolah aku langsung lari ngluyur ke kelas dengan helm yang masih nempel di kepala.
          “Lo mau belajar jadi astronot ya, Dhan?” ujar Ratna.
          Aku masih bingung, tak tau apa yang ia maksudkan. Lalu tangannya menunjuk ke samping kepala memberitahukan sesuatu. Aku hanya nyengir lalu segera menyopot helm di kepalaku.
          “Na, pinjem tugas IPA nya dong.. Please . .” ujarku memelas.
          “Hah , nggak bercanda khan lo? Seorang Dhania belum ngerjain tugas?” seru Ratna.
          “Aduh udah dech, penjelasannya nanti aja. Sekarang pinjemin dulu yang penting!”
          “Ya udah nich! Tapi entar aku traktir makan di kantin loh?”
          “Oke..! gampang, thanks yach..” ujarku menyanggupi.
          Sialnya hari ini Bu. Rini nggak masuk, Beliau izin karena ada tugas penting dari Kepsek.
          “Hwa . . hwa . . emang enak Dhan? Udah grusa-grusu buat. Eh, guruna nggak dateng lagi!” Ratna menertawaiku.
          Tak lama kemudian Bu. Ratmi datang. Pelajaran yang beliau ampu memang terasa sangat mengasyikkan.
          Beberapa jam berlalu, bunyi Bel istirahat terasa berirama di telingaku. Rasanya bahagia sekali setelah berhasil menahan rasa lapar perutku.
          “Dhan, lo jadi nraktir gue khan?” celetus Ratna.
          “Iya.. iya.. yuk buruan ke kantin.” Kataku sambil menggandeng tangan Ratna yang udah nggak sabar lagi.
          Kita duduk berdua sambil makan mie goreng dengan minum jus alpukat. Tak lama kemudian Mas Radith jalan sama temen-temen bandnya menghampiri kami.
          “Dek, nich kenalin guitarist baru yang janji aku kenalin ma kamu”. Kata Mas Radith nerocos.
          “Gila emang nich orang! Senang banget kalau adeknya jadi ge-er gini” batinku.
          Sebelumnya emang aku diberitahu Mas Radith kalau ada anak baru pindahan dari Jakarta yang mau ikut ngeband bareng mereka. Dan saat itupun aku minta dikenalin sama orangnya. Mas Radith bilang kapan-kapan, tapi emangnya nggak bisa apa kalau ngenalinnya nggak di sekolah?.
          “hush.. kok bengong gitu sich?” tangan Mas Radith melambai di lamunanku.
          “hmm.. enggak kok!” aku mengeyel.
          Ya… dia memang sangat manis. Sangat-sangat manis. Bayangin aja cowok yang tampangnya seperti Frodo dalam The Lord of the Rings, rambut ala Daniel Radcliffe, dan gaya ala Justin Timberlake ada di depan mata ku. Oh, God.. apakah dia malaikat?.
          “Hai.. adeknya radith ya? Kenalin gue Rama” sapanya sambil tersenyum.
          “Ya.. nama gue Dhania, met kenal ya,” jawabku membalas senyumannya.
          “Dek, ntar sore kita mau ngeband, ngikut nggak?” ajak Mas Radith.
          “Ngikut dong..!” ujarku bersemangat.
          “Dhania.. dhania.. udah kayak anaknya Radith aja ya kamu..” ejek yang lain.
          Semuanya menertawaknku.
          Sekarang menunjukkan pukul 2 siang. Rasanya beberapa jam di sekolah tidak terasa, apalagi setelah ketemu sama Mas Rama. Uuugh… seneng banget!.
          “Cie..cie.. yang lagi jatuh cinta, ngelamunin orangnya terus dari tadi” celetus Ratna.
          Memang, setahun belakangan ini aku tidak telalu mempermasalahkan tentang seorang pacar. Setelah aku baru putus dari Mas Bimo seorang guitarist juga yang ternyata salah jalan dengan pergaulannya. Sejak saat itu aku jadi sering mewaspadai tehadap anak band yang dekat denganku, apalagi seorang gitaris.
          “Lo masih mikirin Mas Bimo ya?” Tanya Ratna.
          “ehh.. enngak kok!” sahutku.
          “ Gue yakin kok kalo Mas Rama nggak sama kayak Mas Bimo, percaya dech!?”
          “Apaan sich? Siapa juga yang suka sama Mas Rama. Dia khan temennya Mas Radith!?”
          “Trus kalo temennya kakak lo nggak boleh di pacarin gitu? Emang dulu Mas Bimo bukan temennya kakak lo?”
          “nggak usah ngomongin Bimo! Gara-gara dia aku nggak boleh deket sama temen-temennya Mas Radith!”
          “ya.. seharusnya lo ngomong ma Mas Radith klo lo nggak mau khan terlalu di protect ma dia!?”
          “Gue ngomong beratus kali pun dia nggak bakalan dengerin!”
          Emang sich! Mas Radith terlalu over protective sama aku. Sebenernya banyak temen Mas Radith yang aku taksir, tapi dia selalu bilang “Dek, dia nggak baik buat kamu!?”. Eh, sekalinya dia nyariin cowok akhirnya malah nggak di duga
          Tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Pulang sekolah sudah menjadi hal yang kunanti sejak tadi. Tak lama setelah aku keluar kelas, Mas Rama mendatangiku. Punya nyali juga orang ini!.
          “Dek, pulang bareng yuk, mau?”
          “aku kayaknya pulang sama Mas Radith dech?”
          “Sebenernya sich radith yang nyuruh aku buat nganterin kamu pulang, itu sich kalau kamu mau”.
          “Ya udah dech nggak pa!”
          Setelah hari itu Mas Rama jadi keseringan menjemputku, malam minggu pun ia juga nyempetin buat ke rumahku. Aku sich enjoy saja, ternyata dia orangnya baik dan lucu. Sudah 3 bulan ini aku jalan sama Mas Rama, tapi aku juga belum tahu perasaanku. Dia juga nggak pernah ngomong, apa dia punya pacar atau nggak.
          Malam minggu ini dia ngajak aku keluar. Katanya sich mau muter-muter Semarang. Kami berdua boncengan naik motor, dan berhenti di sebuah taman kecil da tengah kota.
          “Rama..!” teriak seorang cewek dari kejauhan.
          “Vit? Kok kamu sampai sini?”
          “Ia Ram, Sorry aku nggak kasih tau kamu soalnya aku mau ngasih surprise ke kamu”.
          “Siapa sich, Kak?” potongku.
          “Eh, Dek. Kenalin ini mbak Vitria pacar gue.”
          “Pacar? Kok Mas nggak pernah cerita ke aku?”
          “Sorry, bukannya aku nggak mau cerita tapi waktunya belum pas”
          “Siapa sich ni, Ram?” Tanya cewek itu.
          “Oh, ini Dhania adeknya temenku kok, aku nganggap dia udah kayak adekku sendiri.”
          “What? Adek? Oh MY GOD!” batinku.   “Kak udah malem, aku mau pulang sekarang aja!” ujarku
          Dalam perjalanan balik ke rumah, aku masih mikirin kejadian tadi. Aku nggak nyangka kalau rasanya bakal sesakit ini.
          Ya… aku sudah terlanjur suka dengan Mas Rama, dia yang membuatku berubah pikiran tentang seorang Guitarist. Dia yang memberitahu aku bahwa semua Guitarist nggak sama kayak Mas Bimo.
          Tapi malam itu aku merasa semua ucapannya itu tak pernah ia ucapkan padaku.  Lamanya seminggu aku nggak penah mau ketemu sama Mas Rama. Aku selalu cari alasan untuk menghindar dari Mas Rama.
          “Kamu napa sich, Dek? Setiap Rama dateng kamu nggak mau nemuin dia?” Tanya Mas Radith.
          “Nggak pa kok!”
          “Kamu mikirin tentang Si Mbak Vitria ya?”
          “Kok Mas tau sih?”
          “Aku dah denger semuanya dari Rama. Emang kamu beneran suka sama dia?”
          Aku hanya terdiam. mulutku serasa tak bisa ku buka. Aku menangis.
          “Besok rabu Rama udah nggak di sini lagi, dia pindah ke Bandung. Dia pesen sama kakak buat pamitan sama lo. Soalnya dia mau pamitan langsung tapi elo nya yang nggak mau”.
          “Tau nggak dek, sebenernya dia suka sama kamu, tapi karna dia tau bakal pindah ke Bandung akhirnya, dia ngurungn niatnya buat nembak kamu.” Lanjutnya.
          “Kok gitu?” tanyaku.
          “Soalnya dia lebih baik nggak ngomong daripada dia ngrasa jauh sama kamu!”
          “maksudnya?”
          “dia paling nggak suka pacaran jarak jauh!”kata Mas Radith.
          “Lha trus, Vitria?”
          “Ha.. ha.. kamu kira Vitria tu pacarnya Rama? Vitria tu pacar baruku lagi! Rama juga ngomong kok kalau dia mau pinjem sebentar”
          “Jadi sebenernya Mas Rama belum punya pacar?”
          “iya.. dan dia udah telanjur cinta sama kamu!”
          “terlanjur cinta sama aku?” batinku
          Paginya, aku berangkat sekolah bareng Mas Radith. Dan di sekolah pun aku sama sekali nggak ketemu sama Mas Rama. Aku inget kalau tadi malem Mas Radith bilang, Mas Rama pindah ke Bandung.
          Dan selama itu juga Mas Rama nggak ada kabar dan dia nggak mau aku nyariin dia. Dia bilang kalau aku bisa dapet seorang guitarist lain yang lebih baik dari dia atau Mas Bimo. Saat itu aku benci dengan dia seperti benci ku pada Mas Bimo. Itu karena kenapa dia tidak berani mengungkapkan cintanya padaku.

0 KOMENTAR !!:

Post a Comment